Manfaat Wisata Bagi Anak-anak


Berwisata memang merupakan suatu hal yang sangat kita dampakan, karena dengan berwisata kita bisa sejenak melupakan keadaan sehari-hari yang monotone. Meskipun kadang membutuhkan dana yang cukup besar, namun tidak akan pernah sebanding dengan kepuasan rohani dan jasmani yang kita dapatkan.

Selain itu jalan-jalan juga bermanfaat untuk anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Manfaatnya yaitu:


Belajar Komunikasi dan Berbahasa.
Karena pada saat berjalan-jalan kita akan bertemu orang selain diluar rumah. Anak-anak akan lebih berani untuk berkomunikasi dengan orang baru dan juga mengetahui perbedaan-perbedaan cara berkomunikas. Mereka akan menyadari bahwa dunia ini terdiri dari berbagai macam jenis bahasa.

Belajar Geografi
Geografi adalah ilmu mengenai kehidupan. Percaya atau tidak, ilmu ini sangat penting diajarkan untuk anak-anak. Kita bisa mengajarkan tentang pemahaman lintas budaya dan negara dan ilmu fenomena bumi seperti cuaca, iklim, geofisika dan bencana alam.


Belajar Menghargai Perbedaan
Dekat kaitannya dengan belajar geografi yang kalian ajarkan pada anak. Selama perjalanan kalian pasti akan menemukan berbagai macam ras dan suku bangsa. Hal ini bisa kalian jelaskan bahwa kita tidak bisa hidup sendirian dan membutuhkan bantuan orang lain, tak peduli dari mana mereka berasal. Dengan menjelaskan ini, nantinya akan terus dibawa sampai mereka dewasa dalam menghargai perbedaan.

Menyerap Nilai-Nilai Kehidupan
 Dengan berjalan-jalan, orang tua bisa menunjukkan secara langsung kepada anaknya tentang bagaimana manusia menjalani hidup dan apa kenyataan yang terjadi di sekitar masyakarat yang dikunjunginya. Disela-sela perjalanan juga bisa berdiskusi mengenai suatu interaksi atau fenomena tertentu, dan ini merupakan salah satu waktu berkualitas (quality time) dengan anak-anak.

Menjauhkan dari Konsumsi Materialistis
Bedakan antara anak-anak yang sering diajak jalan-jalan dengan yang sering diberi mainan. Anak-anak yang sering dibawa bepergian akan faham akan pentingnya pengalaman, menikmatinya dan akn terus mencari pengalaman yang baru, berbeda dengan anak yang hanya diberi mainan yang akan mudah cepat lupa dengan mainannya karena merasa bosan.

Belajar Arti dari Tanggungjawab
Jika kita menginkutsertakan anak-anak dalam merencanakan dan mempersiapkan perjalanan, maka anak-anak akan belajar bertanggung jawab terhadap pilihannya sendiri. Misalnya apa yang perlu mereka bawa dan yang tidak. Dengan begini mereka akan bertanggung jawab terhadap pilihan mereka sendiri.

Sumber Gambar:

3 Responses
  1. Edukasi + liburan emang penting,,, mending sang anak diajak ke museum, jadi nambah wawasan tuh...

    salam kenal ya^^



  2. wisata dengan rombongan teman lebih rame dan asik :)


Posting Komentar