Wisata Kuliner di Restoran Dim Sum




Melakukan perjalanan wisata memang sangat menyenangkan, namun kurang lengkap jika kita tidak mencicipi kuliner lokal terbaik disana. Benua asia memang mempunyai banyak kuliner yang terkenal, salah satunya adalah Dim Sum, sebuah kuliner dari Cina ini rasanya telah membuat seluruh lidah dunia menyukai masakan tradisional ini. 

Bahkan sejak pertama kali saya mencoba masakan ini saya terus mencari Dim Sum mana yang paling enak di Indonesia dan sampai sekarang saya belum menemukan yang terenak seperti yang saya rasakan di Cina.

Dim Sum yang mempunyai arti sebenarnya yaitu “menyentuh hati” adalah sebuah hidangan yang terdiri dari beberapa makanan ringan. Dim Sum biasanya disajikan dengan menikmati secangkir teh (yum cha), dan menjadi salah satu bagian besar dari hidangan asia. Hidangan ini biasanya memasaknya dikukus, dipanggang, dan digoreng. Serta disajikan dalam wadah bambu.

Ini adalah jenis-jenis Dim Sum dan hidangan lain yang perlu kalian ketahui:


Yang pertama adalah Siew Mai. Siaw Mai adalah kombinasi hidangan dim sum yang paling populer. Siaw Mei asli buatan Kanton biasanya terbuar dari daging babi dan jamur, tapi karena penggemar dim sum menjadi semakin beragam, kita bisa memilih berbagai macam siew mai sesuai dengan favorit kita.


Ini adalah Dim Sum Har Gau.  Saya kurang suka dengan dim sum yang satu ini, karena ia terbuat dari bahan udang dan saya alergi terhadap udang. Har Gau memiliki kulit yang lebih tipis dan transparan. Biasanya Har Gu dicelup di campuran kecap, cuka beras dan bahkan diombinasi dengan mayonnaise dan sambal.


Yang satu ini adalah Cheong Fun. Makanan ini berupa gulungan mi beras tipis yang diisi dengan sayur dan berbagai bahan lain. Hidangan ini hadir dengan berbagai macam jenis daging, seperti udang, sapi, char siew, dan youtiao, ayam atau ikan. Biasanya sebelum disajikan, gulungan ini akan dipotong dan diberi saus kecap diatasnya.


Ini adalah Fung Jeow atau bisa dibilang “Ekor Phoenix” adalah kaki ayam atau ceker ayam. Makanan ini pertama-tama akan digoreng kering atau direbus hingga menggembung, lalu dikukus dan direndam dalam saus kacang hitam. Hidangan ini meskipun kecil namun banyak rasa didalamnya.


Hidangan ini disebut Lo Mai Gai atau bisa disebut nasi ketan kukus dibungkus daun lotus. Sebelum dibungkus oleh daun lotus, nasi ketan ini diisi daging ayam atau jenis sayuran lainnya. Aroma daun lotus dan ayam yang meleleh ke nasi ketan menjadikan hidangan ini gurih dan penuh rasa.


Setelah puas dengan hidangan restoran dim sum ini, akhirnya saya memesan makanan penutup dengan Jelly Almond. Hidangan ini terbuat dari Almond China yang manis. Prosesnya yaitu dengan memanaskan ekstrak susu almond yang dimaniskan dengan menggunakan medium agar-agar.
Nah itulah tadi seputar pengalaman saya berwisata kuliner di restoran Dim Sum di China. Pasti setelah melihat artikel ini kalian merasa lapar dan penasaran dengan rasa-rasa dim sum tersebut.

Sumber Gambar:
http://3.bp.blogspot.com/-xFfucVHf2KY/TWL6vig9X7I/AAAAAAAAHD8/ysBxMVEzbT0/s1600/11DimSum.jpg
http://www.anntat.com/images/products/SiewMai.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_mhwCCP_0vOc/S8axeDB8FJI/AAAAAAAAAKg/CmU86WhgHHw/s1600/3596755762_4987f3d4b1_o.jpg
http://lh3.ggpht.com/_yApw4gLxzGU/Sa9I6AcTZsI/AAAAAAAAMtk/8Pr7iuF3Ho0/chee-cheong-fun-1.jpg
http://media4.ct.yelpcdn.com/bphoto/GxmhMmu3VyGmnBdG3e5NnA/l
http://londoneater.com/wp-content/uploads/2010/01/yumcha-7.jpg
http://www.foodforfriendsyeah.co.uk/wp-content/gallery/almond-jelly/almond-jelly.jpg

0 Responses

Posting Komentar