Panduan Berwisata Kuliner


Kegiatan yang paling seru disaat kita jalan-jalan adalah mencicipi hidangan lokal. Tapi tidak semua orang berani melakukan petualangan kuliner seperti ini.

Ada yang khawatir karena rasanya tidak cocok dilidah, tidak yakin dengan kebersihannya, kehalalannya, takut kemahalan, serta banyak alasan lainnya.

Berikut ini adalah tips atau bisa dibilang panduan buat kalian yang ingin mencoba melakukan wisata kuliner tapi masih bersahabat dengan isi kantong, dan kesehatan.


Yang pertama adalah minta rekomendasi. Rekomendasi ini bisa kalian dapatkan dibuku panduan perjalanan atau informasi dari internet. Bisa juga kalian meminta saran dari teman atau anggota keluarga yang pernah berkunjung ke daerah tersebut. tapi rekomendasi yang paling baik sebenarnya adalah dari penduduk lokal.

 
Tips yang kedua adalah berani mencoba. Seringkali hidangan yang nampak menjijikan dimata orang asing malah jadi makanan favorit warga lokal. Jadi,soal rasa dan selera sebenarnya masalah persepsi saja. Yang perlu kalian lakukan adalah memberi kesempatan pada lidah kalian mengecap cita rasa yang baru. 

Sebagai awalan, cobalah dulu hidangan yang mirip masakan Indonesia. Jika kalian sudah terbiasa, lidah akan lebih mudah menerima hidangan lainnya.


Tips yang ketiga yaitu ingatlah selalu pantangan makanan kalian. Bagi pengidap alergi atau penyakit tertentu, pantangan makanan tidak boleh dianggap sepele. Menyantap makanan yang dilarang oleh dokter sama saja mendatangkan kita kemasalah yang serius. Sebelum mencicipi, pastikan kalian bertanya dahulu, dari bahan dasar apakah makanan tersebut.

 
Tips yang keempat adalah cari tahu kepastian halalnya. Mungkin konsep halal dinegara lain atau negara yang non-Muslim hal itu terdengar aneh. Agar kalian tidak membuat mereka bingung atau salah paham, tanyakan kepada mereka apakah makananan tersebut mengandung babi dan bahan-bahan terlarang lainnya.

 
Tips yang kelima adalah pastikan selalu untuk memperhatikan tingkat kebersihannya. Semurah dan senikmat apapun makanannya, tidak akan mengundang selera jika penyajiannya kurang higienis. Jadi perhatikanlah dahulu kondisi lingkungan sekitarnya, apakah cukup bersih atau tidak. Selain tempat makan, perhatikan juga kebersihan si penjual dan pelayannya.


Tips yang keenam ini yang paling penting, yaitu selalu tanyakan harganya. Kebanyakan orang gengsi untuk menanyakan harga makanan yang ingn kita beli. Perilaku gengsi seperti ini yang kadang menjadi target si penjual untuk menembak harga. Bila kalian enggan untuk bertanya soal harga makanan, cobalah cari tempat makan yang mencantumkan harga di daftar menu mereka.

 
Tips yang terakhir ini mungkin jarang kalian temui, yaitu ikut kursus memasak. Ditempat-tempat wisata yang terkenal banyak ditawarkan kursus memasak singkat untuk turis. Resep yang mereka ajari bisa kalian praktekkan dirumah.

Itulah tadi beberapa tips yang perlu kalian ketahui untuk melakukan wisata kuliner. Selamat berwisata kuliner ya ^_^

Sumber Gambar:
2 Responses
  1. ketawing Says:

    Keren. Bikin ngiler nih.....


  2. ketawing: tapi hati2 gan, nanti keterusan bisa bikin dompet kosong... :p


Posting Komentar