Kuliner Khas Sumbawa, Ikan Celup Kuah Sepat

Kuliner Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat kebanyakan dikenal dengan ayam Taliwang. Namun di Pulau Sumbawa, juga menyimpan kuliner khas lain yakni ikan kuah sepat khas Sumbawa. Ikan celup kuah sepat adalah ikan bakar yang disajikan dengan nasi putih, sambal tomat dan irisan mentimun. Ikan yang dipilih biasanya adalah jenis kakap dan baronang serta berukuran sedang.

Terong, mangga muda, daun aru dan ketimus belimbing wuluh, tomat, kemiri dan asam Sumbawa merupakan sebagian dari bahan-bahan untuk meracik kuah sepat . Bahan ditaruh di dalam mangkuk kemudian dituangi air. Kuah sepat disajikan tanpa dimasak lebih dahulu. Ini menjadikan kuah ini terasa asam segar. Rasanya seperti acar. Bedanya, asam kuah ini alami dari bahannya, bukan karena cuka.

Karena cara memakannya, masakan yang menggunakan kuah sepat lazim disebut ikan celup kuah sepat. Daging ikan disuwir, dicelupkan ke kuah sepat lalu dicocolkan di sambal tomat, baru dimakan.

Menyantap menu ini, rasa lezat akan terasa di lidah. Ada rasa manis dari ikan bakar, asam kuah sepat serta pedas dari sambal tomat. Semua papila lidah mencecap masakan. Kita akan berpikir, masakan ini lezat.

Ikan kuah sepat paling pas disantap saat makan siang. Nasi putih pulen berpadu dengan citarasa masakan ikan memberi kenikmatan dan pasokan energi setelah tenaga dikuras.

Sembari menyantap ikan kuah sepat, paling pas ditemani kelapa muda utuh dengan perasan jeruk nipis. Hmm... siang bolong nan terik jadi terasa sejuk dan segar.

Ikan kuah sepat bisa dicicipi bila Anda berkunjung ke Pantai Maluk di Kabupaten Sumbawa Barat. Warung-warung di pinggir pantai yang menyajikan kreasi kuliner ini.

Mencicipi ikan kuah sepat di Pantai Maluk, Anda akan merasakan citarasa lebih. Ikan tidak amis seperti ikan perkotaan, tapi terasa manis segar. Bagi penulis, ini penting. bau amis akan mengurangi citarasa masakan.
Satu porsi ikan celup kuah sepat bisa dinikmnati dengan harga tak sampai Rp 30.000. Habis mencoba satu porsi, penulis yakin Anda akan kangen dengan rasa masakan ini.

Mencicipi ikan kuah sepat, Anda akan tahu bahwa betapa pun kaya olahan kuliner nusantara, ternyata berbagai daerah punya selera mirip soal masakan ikan, paduan rasa asin, manis, pedas dan asam.
Kalau berkunjung ke Manado misalnya, ikan bakar disajikan dengan sambal dabu-dabu yang terbuat dari cabe merah dan rawit, bawang merah, air tomat, air jeruk dan kemangi.

Sementara itu, di Jawa Barat, orang menggemari sayur asem, ikan asin dan sambal terasi. Di Jawa Tengah lebih sederhana, rasa asam cukup diperoleh dari perasan jeruk nipis.

Kuliner Indonesia kaya serta beragam. Dan, ikan kuah sepat adalah salah satu bentuk keragaman kuliner yang wajib dicicipi. 

Sumber : www.travel.kompas.com
2 Responses
  1. tenri abing Says:

    bumbu sepat untuk ikan air tawar berbeda dengan ikan laut.khusus simer dari embung selante, tawes brang lopok,banang omo limung,paling sedap ketika bumbunya seping (asam muda),bawang tunung,cabe tunung,lomo,aru,ruku,garam,fitsin ,jeruk monte secukupnya. cara memanggangnya sangat berperan untuk menghasilkan "rasa uer".
    ada lagi yang namanya sepat santan....rasanya lebih sedap lagi...mau tau..????? datang ke sumbawa besar.


  2. tenri abing : Terima kasih infonya bang Tenri, jika ada kesempatan, mau juga saya berkunjung ke Sumbawa. Salam kenal.


Posting Komentar