Google dan Opera Jajaki Bisnis Smart TV

Google TV hasil kerja sama dengan LG
Dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2012 lalu, Google menginformasikan jika mereka secara resmi telah bekerja sama dengan LG, produsen elektronik Korea untuk mengembangkan Google TV. Proyek TV dari Google ini sebelumnya sempat tertunda karena gagalnya kerja sama Google dengan Sony dan Logitec beberapa waktu lalu.

Google TV sendiri merupakan sebuah Smart TV atau TV internet dengan desain yang menawan dan mampu menghadirkan pilihan baru dalam dunia hiburan di rumah. Dalam Google TV ini juga kabarnya tertanam teknologi Android OS dan teknologi LG Cinema 3D Smart TV.

Satu hal yang menarik dari fitur Google TV LG ini adalah kemudahan dalam penggunaan. Ini karena adanya penggabungan teknologi antarmuka, dengan basi Android tadi dan Magic Remote Qwerty dari LG. Melalui TV pintar ini, penggunanya akan mudah dalam pengoperasian baik untuk keperluan internet maupun menonton televisi.

Sebagaimana Smart TV LG yang dikembangkan dengan teknologi 3D, Google TV LG hasil kerjasama Google dan LG ini juga sudah memiliki teknologi 3D. Teknologi FPR (film patterned retarder) yang menjadi kebanggaan dari teknologi 3D TV LG juga dimiliki oleh Google TV LG.

Opera TV Store

Tampilan menu Opera TV Store
Konsep Smart TV sendiri sebenarnya tak harus selalu hanya berpusat pada TV dan fitur-fiturnya. Media penyimpanan maupun set top boxes merupakan celah inovasi bisnis lain yang bisa dikembangkan. Seperti yang tengah dilakukan oleh Opera.

Seakan tak mau kalah dengan Google, pembuat browser asal Norwegia, Opera juga menapaki tren bisnis Smart TV. Juga melalui ajang CES 2012, Opera meluncurkan Opera TV Store yang diklaim sebagai solusi yang dijalankan dari cloud dan menampilkan koleksi aplikasi web yang dioptimisasi untuk layar televisi. Opera TV Store ini berbasis HTML5 dan telah memiliki sejumlah rekanan semisal Facebook dan Vimeo.

Sementara ini, Opera TV Store belum terbuka untuk umum secara luas. Opera tengah konsen pada kerja sama dengan pengembang untuk menampilkan produknya di Smart TV. Opea menyediakan emulator yang bebas unduh untuk mendukung pengembang Smart TV sekaligus mengetahui bagaimana tampilan aplikasinya pada Smart TV.

Sumber/Gambar : http://dailysocial.net, http://www.teknokeren.com, http://www.intechtoday.com, http://chip.co.id
0 Responses

Posting Komentar