Sedapnya Nasi Goreng Jogja

Dari video di atas, ada sepenggal lirik yang menyebutkan nasi goreng. Dan saya rasa hampir sebagian besar orang Indonesia pasti tahu makanan yang satu itu. Bahkan, sebagian masyarakat internasional juga mengenal nasi goreng. Nasi goreng ibarat hidangan untuk semua kalangan, dari rakyat jelata sampai pejabat negara ataupun pesohor dunia.

Dari Yogyakarta, ada satu warung penjaja nasi goreng yang cukup populer. Adalah Nasi Goreng Beringharjo yang berada di Jalan Mataram, dekat Pasar Beringharjo. Yang menarik dari Nasi Goreng Beringhajo, adalah kisah perpaduan budaya kuliner Jawa dan China. Nasi goreng sendiri, konon berasal dari Negeri Tirai Bambu itu dan bermigrasi ke Indonesia.

Nasi Goreng Beringharjo
Nasi Goreng Beringharjo memiliki ciri khas tersediri, bahkan tergolong unik. Ciri yang unik itu ada pada cara memasak nasi gorengnya. Kebanyakan penjaja nasi goreng memasak atau menggoreng nasinya sesuai pesanan atau dalam jumlah kecil. Tapi, di Nasi Goreng Beringharjo setengah bakul besar nasi dituangkan ke atas wajan yang juga besar untuk sekali masak.

Soal rasa, nasi goreng buatan Nasi Goreng Beriharjo lumayan maknyos. Enak dan lezat itu sudah pasti. Varian nasi gorengnya, bisa dipilih nasi goreng ayam atau nasi goreng babi. Sementara untuk harganya, berkisar antara Rp 5 ribu sampai Rp 6 ribu per porsi. Nasi Goreng Beringharjo bukanya mulai jam 6 sore sampai larut malam.

Nah, teman-teman sekalian, kalau sewaktu-waktu nanti berkesempatan berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk menyempatkan diri singgah di Nasi Goreng Beringharjo. Santap lezatnya nasi goreng khas Jogja itu, sembari menikmati keindahan malam Yogyakarta. 

Gambar : http://www.yogyes.com,
2 Responses
  1. Unknown Says:

    Memang Yogya merupakan kota wiata budaya dan kuliner yang memilki banyak ragamnya Sob. inilah yang selalu membuat para wisatawan selalu kangen dan ingin kembali ke Kota Yogya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog


  2. Ejawantah's Blog : jogja memang ngangeni pak. terima kasih kunjungannya.


Posting Komentar