Mengenal Televisi dengan Teknologi OLED

Sejauh ini, informasi seputar teknologi OLED atau Organic Light-Emitting Diode belumlah terlalu populer. Sebatas informasi yang saya dapat, OLED dikenal sebagai sebuah teknologi layar yang mampu menghasilkan kualitas warna dengan sangat detail sekaligus mampu menghasilkan kontras yang tinggi. Sebelumnya, OLED lazim digunakan oleh smartphone, dan dalam ukuran layar yang mini. 

Pun begitu, teknologi berkembang dengan cepat. Sekarang, teknologi OLED telah dipasangkan ke dalam produk televisi. Dan yang lebih mengagumkan lagi, layar OLED tidak lagi hadir dalam ukuran yang mini, tapi tersedia dalam ukuran jumbo yang ekstra besar. OLED sendiri merupakan pengembangan dari televisi jenis LCD, LED, dan plasma.

Bicara tentang televisi dengan teknologi OLED, saya mendapat banyak informasi tentang produk elektronik tebaru itu dari berbagai media. Terutama, mengenai televisi dengan teknologi OLED yang diprakarsai oleh dua produsen elektronika terkemuka asal Korea LG dan Samsung. Di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2012 beberapa waktu lalu, LG dan Samsung saling meluncurkan produk televisi terbarunya, yang di antaranya adalah televisi dengan teknologi OLED.

OLED TV dari LG
LG sukses menampilkan televisi OLED yang berukuran layar 55 inci pada produk televisi terbarunya. Perbedaan yang ditampilkan oleh televisi OLED dari LG ini adalah 4 pixel warna. Selain pixel RGB (Red, Green, Blue), LG juga menambahkan pixel putih atau White yang disebut-sebut mampu menghasilkan kecerahan gambar yang lebih baik.

Televisi OLED besutan LG ini diklaim mempu menghasilkan gambar yang baik, dengan tampila warna yang sangat jernih. Dengan desain yang tergolong apik dan futuristik, televisi OLED dari LG memiliki ketebalan hanya 4 mm dan berat sekitar 7,5 kilogram. 

OLED TV dari Samsung
Meski tak ada atau belum ada nama resmi yang disandang televisi teranyar dari Samsung ini, dalam perhelatan yang sama, CES 2012, Samsung memperkenalkan televisi Super OLED-nya. Pihak Samsung sendiri menyebutkan televisi Super OLED ini memiliki sedikit atau bahkan tidak ada motion blur, serta memiliki kecepatan gambar yang melebihi kecepatan lampu datar LED.

Pada Super OLED Samsung, telah dibenamkan juga sistem Smart Interaction yang mendukung perintah gerakan, perintah suara, dan sensor pengenal wajah. Samsung Super OLED TV ini hadir dengan ukuran 55 inci, dengan ketebalan 0,3 inci atau sekitar 7,5 mm. Televisi canggih dari Samsung ini baru akan dipasarkan pada pertengahan 2012, sementara untuk harga, belum ada keterangan resmi yang disampaikan oleh Samsung.

Wah, sepertinya makin cangih saja televisi jaman sekarang. Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh televisi OLED, sepertinya televisi jenis ini akan jadi primadona baru pada masa yang tak lama lagi. 

Gambar : http://www.gadgetfolder.com, http://socialbarrel.com
3 Responses
  1. Punya.Tia Says:

    hmmm.... belum lagi LCD, udah ada LED, sekarang OLED lagi... hmmm....

    nice info om...


  2. rizkikurnia Says:

    sebentar lagi kayaknya OLED TV makin booming deh... ini juga ada OLED TV Tranparan keren banget


  3. Punya.Tia : Iya, perkembangan teknologi TV memang luar biasa cepat. Makasih juga ya..

    rizkikurnia : sepertinya begitu, tapi lihat harganya dulu hehehehe..


Posting Komentar