Mengenal Lebih Jauh Kuliner Pasta



Ini adalah pengalaman saya ketika saya sedang berbincang dengan salah satu teman saya yang mempunyai restoran ala Italia dan saya sangat penasaran sekali dengan makanan yang namanya pasta. Kalian pasti tau kan pasta? Sebelumnya saya akan jelaskan mengenai asal muasal pasta.

Pasta adalah salah satu makanan khas tradisional negara Italia. Pasta sebenarnya terbuat dari durum, atau tepung semolina yang dicampur dengan telur dan air, dibentuk menjadi mi dan kemudian dimasak menggunkan bumbu saus sebelum dihidangkan.

Setelah dijelaskan oleh teman saya,ternyata pasta itu ada banyak sekali jenisnya, tak hanya bentuk dan ukuran, ternyata pasta juga bisa dibedakan berdasarkan bahan pembuatannya dan rasanya, seperti pasta kering dan juga pasta basah.


Ukuran
Bentuk pasta ada ratusan, ada yang berbentuk panjang seperti yang biasa kita kenal, ada yang berbentuk macaroni, sampai yang seukuran beras. Untuk pemberian nama, biasanya berdasarkan bentuknya seperti pasta Linguine, dan juga gnocchi.


Warna dan Rasa
Selain berdasarkan bentuk, pasta juga dibedakan berdasarkan jenis warna dan rasa. Yang paling terkenal adalah pasta hijau yang terbuat dari campuran ekstrak bayam, selanjutnya yang disukai adalah pasta merah dengan mencampur tomat, dan yang satu lagi adalah pasta hitam yang dibuat dengan mencampurkan tinta cumi-cumi.


Pasta Non-terigu
Pasta yang satu ini dibuat khusus bagi mereka yang mempunyai alergi pada gluten, yaitu salah satu bahan yang ada pada terigu. Pasta ini biasa disebut dengan Pasta Buckwheat yaitu pasta yang dibuat tanpa gluten, dan ada juga yang terbuat dari beras dan bahan non-terigu lainnya.

Selain enak, pasta juga sehat untuk tubuh kita karena terbuat dari terigu sehingga mengandung karbohidrat dan memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Selain itu pasta juga bisa disajikan dengan  berbagai macam bumbu misalnya dengan saus atau potongan daging dan keju mozzarella.

 
Sumber Gambar:
http://www.eatmytortes.com/wp-content/uploads/2010/01/salmon-dill-pasta.jpg
2 Responses
  1. Septian Dwi Says:

    nice info sobat.....,,,
    q jarang bgtz makanan italia yang ad pastanya...
    mksh yaa atas infonya

    komment balik yaaa
    follow n tker link jg yaaa



Posting Komentar